Ngeri! Sebuah Truk Terjebak Lahar Gunung Semeru

Posted on


Dengan tidak mengindahkan peringatan sebuah truk pengangkut pasir terjebak di Lahar hujan Gunung Semeru di Lumajang Jawa Timur, pada hari Sabtu (13/1/2018) sore.

Awalnya supir truk nekat melewati arus sungai untuk menyebrang membawa muatan pasir di truknya namun karena hujan yang cukup deras menyebabkan lahar hujan dari Gunung Semeru tersebut turun sampai kesungai yang menyebabkan gelombang tinggi lumpur di sungai sehingga menyebabkan truk terjebak sehingga tidak bisa bergerak. Beruntung insiden ini tidak ada korban, supir dan kernet berhasil menyelamatkan diri, namun truk belum dapat dievakuasi karena ditakutkan akan ada lagi hujan lahar lagi karena badan truk terkubur pasir dan arus sungai cukup deras, sehingga cukup membahayakan bila melakukan evakuasi kendaraan pada saat tersebut.

Truk yang dikemudikan warga Lumajang bernama Purwanto ini terjebak di tengah aliran lahar Semeru di Sungai Leprak, Desa Jugosari. Truk bermuatan pasir itu terkubur material lahar Gunung Semeru.

Ketika terjadi gunung meletus, kita sering mendengar istilah lahar. Apa yang sebenarnya dimaksud dengan lahar? Karena lahar bisa membahayakan manusia terutama lahar panas. Kata lahar sebenarnya berasal dari bahasa Jawa, akan tetapi sudah digunakan secara internasional oleh para ahli vulkanologi. Pengertian lahar adalah berpindahnya posisi material vulkanik dari puncak gunung menuju bawah karena adanya aliran air pada lereng gunung berapi. Material vulkanik yang keluar dari dalam perut bumi yaitu berupa debu, pasir bongkahan batu besar (bom), serta batu kerikilataulapili




Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *