Aksi Polisi Diduga Lakukan Pungli, Terekam Kamera Terima Uang dari Pengendara

Posted on


Banner 13
Sebuah video menjadi viral di dunia maya. Video yang memperlihakan aksi seorang polisi tengah melakukan pungutan liar (pungli) di pinggir jalan ini menuai banyak komentar. Video yang diunggah oleh akun Facebook Orang Tua Teladan, pada hari Kamis, 27 Oktober 2017 ini memperlihatkan rekaman cctv aaat polisi memberhentikan seorang pengendara.

Tampak dalam video tersebut, oknum polisi sedang menghentikan laju pengendara motor yang tidak mengenakan helm saat berkendara. Polisi mengeluarkan surat tilang, namun pemuda tiba-tiba mengeluarkan dompet dari tasnya. Ternyata pemuda tersebut mengambil beberapa lembar uang yang kemudian diberikan kepada polisi.

Usai lembaran-lembaran uang itu masuk ke kantong polisi, pemuda itu segera pergi meninggalkan lokasi. Hingga berita ini ditulis, belum diketahui pasti waktu dan lokasi peristiwa itu terjadi. Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) beberapa waktu lalu menegaskan bahwa pungutan liar (pungli) bermodus razia lalu lintas tidak resmi alias ilegal adalah perbuatan melawan hukum dan dapat merusak citra institusi Polri.

Kompolnas mengingatkan bahwa sanksi tegas harus diberikan pimpinan kepolisian setempat atas tindakan pelanggaran seperti itu. Masyarakat khususnya pengguna jalan yang dicegat razia lalin dianjurkan untuk menanyakan surat perintah kegiatan tersebut, karena itu adalah hak pengendara kendaraan.




Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *